Topics
Ditulis Oleh: - Unknown
Anda sedang membaca artikel tentang LIMBAH PABRIK INDUSTRI, anda diperbolehkan menyebarkan artikel LIMBAH PABRIK INDUSTRI jika bermanfaat, dengan mencantumkan link berikut ini:

LIMBAH PABRIK INDUSTRI

Posted by Unknown Tuesday, May 21, 2013 0 comments

CARA PENGOLAH CARA PENGOLAHAN LIMBAH PABRIK INDUSTRI

Limbah merupakan suatu buangan dari hasil suatu kegiatan produksi yang tidak terpakai. Disini yang di maksud produksi bisa dalam skala besar(aktivitas pabrik), maupun rumah tangga.Untuk limbah yangsifatnya  industri (pabrik), maka jumlahnya pun lebih besar daripada limbah skala domestik ataurumahtangga.  Maka hal diperlukan penanganan yang serius untuk limbah industri karena dampaknya pada lingkungan lebih besar daripada limbah domestik. Terdapat dua macam limbah pabrik, yaitu limbah dalam bentuk cair dan juga limbah dalam bentuk padat yang biasa disebut sampah. Pada kedua jenis limbah pabrik ini tentu saja tidak sedikit yang mengandung bahan berbahaya dan beracun. Sehingga perlu diadakan pengolahan limbah agar menghindari imbas atau dampaknya kepada lingkungan.

 CARA PENGOLAHAN LIMBAH PABRIK

Berikut ini cara pengolahan limbah pabrik yang bisa dilakukan:

1.Mengolah menjadi barang baru yang layak jual 

Terdapat beberapa limbah industri yang masih bisa diolah kembali menjadi barang baru yang layak jual. Dalam hal ini seperti limbah kayu industri furniture yang masih bisa dimanfaatkan untuk membuat aneka kerajinan tangan yang memiliki nilai jual sehingga selain bisa menyerap tenaga kerja juga bisa menambah penghasilan.

2.Mengolah supaya layak konsumsi 

Ini berlaku bagi limbah industri cair. Pihak pemerintah telah menerapkan prosedur pengolahan limbah cair supaya tidak mencemari sumur warga. Di beberapa perusahaan besar telah menerapkkan sistem pengelolaan limbah cair yang dihasilkan menjadi air bersih yang layak dikonsumsi.

3.Mendaur-ulang 

Ini yang paling sering dilakukan, Beberapa jenis limbah industri yang non organik (yang tidak bisa terurai olah alam) perlu dilakukan proses daur – ulang. Biasanya limbah industri seperti plastik dan kertas adalah contoh jenis limbah industri yang bisa didaur-ulang untuk dijadikan sebuah produk.

4.Diolah Menggunakan bakteri pengolah limbah

Proses ini dilakukan dengan memanfaatkan bakteri aerob yang banyak terdapat di udara. Membiarkan bak – bak penampungaan limbah di udara terbuka sehingga bakteri aerob bisa mengoksidasi limbah. 

Adapun proses pengolahan limbah industri terdiri dari proses fisika, kimia dan biologi. Untuk Proses fisika-kimia adalah proses yang menuntut perlakuan sesuai unsur yang terkandung di dalamnya. Proses ini biasanya menggunakan penyaringan(filtering), katalisator dan pengendapan dalam sistemnya untuk menghasilkan buangan yang lebih bersih. Sedangkan untuk proses pengolahan limbah secara biologi adalah menggunakan makhluk hidup sebagai pengurainya.

Description
: LIMBAH PABRIK INDUSTRI
Rating
: 4.5
Reviewer
: Unknown
ItemReviewed
: LIMBAH PABRIK INDUSTRI